Eksotisme Pulau Berhala

21 12 2007

sunset di berhalaLewat tengah malam, kapal kami angkat sauh dari dermaga resto Marina. Di depan haluan laut tampak pekat dipayungi malam. Lampu-lampu di daratan semakin mengecil, saat kapal mulai melaju dengan kecepatan 12 knot.

Tujuan kami adalah Pulau Berhala, sebuah pulau terluar Indonesia di Selat Malaka. Menurut juru mudi kapal, dengan kecepatan 12 knot kami akan menempuh jarak 46 mil selama 4 jam. Ia menyarankan kami untuk beristirahat selama perjalanan itu.

Laut malam itu cukup tenang. Taburan bintang dan bulan tak penuh terlihat di angkasa. Sepanjang perjalanan hanya terdengar deru mesin dan ombak yang dibelah lunas kapal. Sesekali kelap-kelip lampu kapal terlihat di kejauhan, selebihnya pemandangan monoton hitam. Laut begitu sunyi.

Jam terasa bergerak lambat. Geladak yang tadinya dipenuhi oleh pelancong yang antusias menikmati pelayaran, lambat laun mulai sunyi. Satu persatu undur diri ke kabin ingin meneruskan tidur tanpa terpaan angin. Menjelang subuh angin memang bertiup semakin kencang dan ombak mengayun sedikit kencang. Aku masih bertahan di dek. Tak ingin ketinggalan sedikit moment pun dalam pelayaran malam yang bagiku cukup menantang.

Lewat empat jam, lampu suar terlihat di ketinggian sebuah pulau kecil. Menurut kru kapal, itu adalah mercusuar Pulau Berhala. Subuh yang legam, pulau hanya tampak samar dalam siluet hitam. Mesin kapal dimatikan dan jangkar diturunkan. Kapal tidak bisa merapat ke bibir pantai karena di pulau itu tidak ada dermaga sama sekali. Sementara pulau itu dikelilingin sabuk karang yang tersebar di dekat pantai. Kami menunggu hingga langit terang dan laut cukup pasang agar perahu yang kami carter bisa mengantar sampai ke pantai berpasir.

Saat fajar menyingsing, Pulau Berhala terlihat jelas. Rerimbunan hutannya dan bebatuan yang mengelilinginya tampak perkasa. Hanya ada pantai landai berpasir sepanjang 800 meter di satu sisi pulau yang menghadap barat daya. Saat kaki mencecah pantai berpasir putih, kegembiraan membuncah.

 

Pulau Eksotis

Pulau berhala merupakan pulau kecil yang terletak di koordinat 99030 BT dan 3046’LU. Jika ditarik garis lurus horisontal ke arah Barat sejajar dengan Belawan, dan garis vertikal sejajar dengan Kuala Tanjung di arah Selatan. Letak administratifnya di Kecamatan Tanjungberingin, Kabupaten Serdangbedagai (Sergei), Sumut.

Rute untuk mencapai pulau yang dijadwalkan akan diresmikan sebagai obyek wisata oleh Bupati Sergei pada 22 April ini bisa ditempuh lewat dua alternatif. Alternatif pertama dengan menumpang kapal boat dari Belawan. Rute ini akan memakan waktu 4 – 5 jam dengan kapal berkecepatan rata-rata 12 knot dengan rute tempuh 46 mil. Sementara alternatif kedua melalui Tanjungberingin, Sergei, dengan jarak tempuh 2 jam dengan kapal berkecepatan sama. Intinya setiap pengunjung pulau ini harus melalui prosedur perijinan di Lantamal I Belawan lalu setibanya ditujuan harus memberitahukannya di pos pejagaan di Pulau Berhala.

Pulau yang luasnya tak lebih dari 5 hektare ini bentuknya mirip penyu. Ada dua pulau kecil di kedua ujungnya. Satu diberi nama “Sokong Nenek” di arah Tenggara, dan satu lagi “Sokong Siembah” di Barat. Pulau Sokong Nenek bisa ditempuh berjalan kaki melintasi pasir putih saat pantai surut. Sementara “Sokong Siembah” hanya bisa dicapai dengan menumpang boat.

Pulau Berhala sendiri memiliki zonasi vegetasi yang rapat dengan tanah berbatu di bagian bawah. Kerapatan hutan itu bisa dilihat saat kita mendaki ke puncak pulau yang memang tampak seperti sebuah bukit itu. Di puncaknya terdapat sebuah mercusuar dengan 700-an anak tangga dihitung dari pos penjaga TNI AL. Atau bisa juga mencoba trekking dari dua rute alternatif yang ada dari bibir pantai.

Menurut Komandan Pos UGK II.2.4/P. Berhala, Serka Nav. Indra Wahyudi, hutan itu masih ‘perawan’ dan dihuni banyak jenis serangga, burung gagak, dan hewan sejenis kancil. Topografinya memang bukit dan pinggiran berbatu yang menjorok ke laut, sementara pantai landai hanya pada satu sisi pulau. Dimusim tertentu, kelompok penyu hijau akan merapat ke pantai berpasir untuk bertelur.

Istimewanya, pulau yang bisa dikelilingi dengan berjalan kaki tak lebih dari satu hari ini memiliki cadangan air tawar yang bersumber dari beberapa mata air. Air tawar utama yang menjadi pasokan utama berasal dari mata air yang tak pernah kering di tengah bukit pulau. Dari mata air ini, air tawar disalurkan ke pos suar Dishubla dan pos penjaga pantai TNI AL di bibir pantai. Dan satu tempat penampungan air tawar yang juga bisa dimanfaatkan turis dan nelayan tepat di depan pos jaga.

Selain pesona panorama hutan dan karang berbatu di tepiannya, Pulau Berhala juga dikelilingin sabuk terumbu karang. Di tempat ini aneka ikan hias masih bisa ditemui di dekat perairan bercadas. Sementara di gugus terumbu karang banyak ditemui ikan-ikan karang semacam kakatua, kwe, kerapu, tenggiri. Pantai karang dan laut biru kehijauan di sekitar berhala memang kaya biota laut. Tak cuma ikan, kerang, siput, cumi, bahkan kepiting air asin dengan mudah bisa ditemukan di sekitar perairan Berhala. Tak salah jika Pulau Berhala cukup potensial dijadikan tempat wisata bahari.

Eksotisme pulau terluar Indonesia ini memang menawarkan banyak hal. Setelah melalui tiga malam enggan rasa untuk segera meninggalkan pulau yang konon menyimpan banyak kisah itu. (Evin Bakara)*

About these ads

Aksi

Information

22 responses

26 01 2008
orchid

mas, mau nanya. klo perjalanan ke sana susah ga? kira2 naik apa? transportasi gmn? trus ada penginapan? ada penyewaan alat diving?

23 02 2008
tigerbear

Sekarang udah nggak gitu susah kok. Kalo mau informasi tambahan silakansaja hubungi Pak Azen di Toko Rejeki Pancing di Jalan Merbabu No 21 B-C (Sebelum RS Deli) Medan, 061 – 4564378. Atau datang saja langsung ke Restoran Marina di Belawan, di ujung jalan Serma Hanafiah. Di Resto Marina temui pak Amin, ia akan menyediakan semua kebutuhan yang diperlukan untuk perjalanan ke Berhala, termasuk sistem penyewaan boat atau perahu.
Bisa juga langsung dari desa nelayan di Beringin, Serdang Bedagai.

Berhala itu pulau liar, mas. Tak ada penginapan. Yang ada hanya Pos TNI AL, mercu suar, dan pulau berbukit. Di sana dulunya tempat pelatihan selam (Diving) tempur TNI AL (Armabar). Sepertinya kalau mau diving harus bawa sendiri…

NAmun jika ingin diving, cukup eksotis karena gugus terumbu karangnya lumayan bagus… hanya aja sebagian sudah rusak akibat pernah digunakan sebagai medan latihan menuver tempur laut dua puluh tahun lalu. Dan pernah ditaburi ranjau pada Perang Dunia II.

Cocoknya sih, berhala memang buat mancing, snorkeling, sekalian refreshing, mas!

23 02 2008
cakbrewok

Hati-hati dengan informasi ini… terakhir kali saya ke sana terumbu karangnya sudah jadi “sponge bob”

hahahahaha…

26 10 2009
tigerbear

Wah, kamerad suka iseng ah…. memang terumbunya dulu banyak yang rusak karena pulau ini sempat dijadikan lokasi latihan TNI AL termasuk penjinakan bom laut eks PErang DUnia II, tapi sekarang sudah diremajakan kok!

19 03 2008
hendra

menarik sekali pengalaman-nya
saya coba cari lokasi pulau tersebut di peta kok susah sekali nemu-nya ya. apalagi di google earth gak keliatan…

26 10 2009
tigerbear

Di google Earth mungkin hanya titik yang sangat kecil sehingga tak terlihat… coba insert pakai koordinat yang kuukur di tulisan atas… mungkin agak lari sekian detik derajat saat ini, tapi itu sudah kuuji dengan peta laut Indonesia (tahun 1992) dan navigasi kompas laut… selamat menemukan noktahnya! Di google earth juga sudah ku tag… dan lokasinya persis lurus dengan TAnjung Beringin ke arah Selata Malaka! Thnaks…

16 06 2008
ayahthari

Mantab x petualangannya brother.kalau ada photo2nya lebih mantabbbb…harus di jaga tuh pulau.silap2 org malay mo embat juga tuh…hheheh

26 10 2009
tigerbear

Foto-foto yang lain ada tapi buat koleksi pribadi doang hehehehe…. Pulau itu sudag dijaga ketat TNI AL yang melakukan patroli rutin di wilayah perairan kita…. Salam!

8 09 2008
hendra sitompul

aku pernah ke sana tapi dari tanjung beringin kecamatan bedagai.oh ya aku mau tanya masih ada egk telur penyu disana.soalnya itu enak banget lo…?

26 10 2009
tigerbear

Telur penyu masih ada karena penyunya selalu datang pada waktu siklusnya…. tapi mohon telur penyunya jangan disantap dong… kasihan penyu-penyu itu sudah termasuk penyu langka itu… data terakhir itu termasuk jenis penyu hijau lho. Satu dua telur bolehlah…

30 10 2008
dudud

mau donk info nya tentang pulau berhala. dan kira2x teknik memancing apa yang paling tepat di gunakan disana??

26 10 2009
tigerbear

Cocoknya teknik popping atau off shore mas…. jingging juiga bisa seklian trolling! Asyik tenan!

1 12 2008
mamas86

salam kenal….

5 01 2009
yantee

Bang, mo nanya nih, estimasi biaya yg dikeluarkan utk transport + akomodasi kira2 brp ya?

Tq

23 04 2009
Lina

mo nanya mas itu pulau sebenarnya milik siapa sih? Jambi or Riau? kok sampai saat ini blm ada kejelasan…

26 10 2009
tigerbear

Sekarang masuk wilayah administratif Kabupaten Serdang Bedagai… ini Pulau Berhala yang masuk wilayah SUmatera Utara…

7 09 2009
nona

hmmm
mw nnya neh …
kra-kra berapa yah biaya yang harus d kluar.in tuk k sna …?

29 09 2009
Ruzdy

Sewaktu saya ksana, blum ada kpastian pulau ini jd milik daerah mana… Tp yg penting masyarakat dsana gak ribut tuh… Semoga ini cepat dslesaikan, kasihan dg pantai2nya yg bagus itu jd gak ada yg ngurusin, kebersihan & keindahannya nanti…

26 10 2009
tigerbear

Pulau Berhala ini masuk wilayah Sumatera Utara, wilayah administratif Kabupaten Serdang Bedagai. Jadi pulau terluar Indonesia di Selat Malaka… tidak ada penduduk selain Pos Pengawas TNI AL dan satu mercusuar!

5 10 2009
Herry

Salam kenal bang !

Asyik sekali bisa berpetualang ke pulau berhala bang ! gimana kalo mau nginap di pulau berhala ?

– Herry -

26 10 2009
tigerbear

Untuk sementara blum ada penginapan di sana, harus bawa tenda sendiri dan ijin ke Pemkab Sergei dan aparat TNI AL (disitu ada pos terluar TNI AL)… thanks!

11 11 2009
adinda utami

mas, salam kenal..
saya dinda, mahasiswi Antropologi unpad 2006.
hmmm, sy tertarik dgn pulau berhala yg mas deskripsikan..
sbelum sy mnemukan blog mas, sy ingin melakukan penelitian untuk jenjang s1. akan tetapi, sy benar2 buta akan Pulau Berhala. mohon info lebih lanjut ya mas, klo tidak merepotkan sy tunggu infonya via email.. makasi mas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: