Kontroversi Keberadaan UFO

23 11 2007

Basuki – Evin|Global

 Selama ratusan diperdebatkan. Kemunculannya menjadi kontroversi. Benarkah ada kehidupan lain di luar bumi? Sebuah pertanyaan besar yang hingga kini belum terjawab.

            Pertama kali dilaporkan pada tahun 1876, kemunculan benda terbang tak dikenal meninggalkan catatan tersendiri pada sejarah umat manusia. Berbagai penelitian dan kajian dilakukan, namun kabut misteri masih juga melingkupinya.

            UFO (unidentified flying object) muncul sebagai sebuah fenomena yang mendunia. Negara-negara dari lima benua pernah melaporkan kemunculan benda terbang tak dikenal ini. Sebagian lainnya malah pernah melaporkan penampakan Extra Terrestrial (ET) – mahluk luar angkasa bumi.

            Manusia yang diklaim sebagai mahluk superior di antara semua jenis mahluk hidup, hingga kini tetap penasaran pada kemungkinan adanya mahluk cerdas di luar bumi. Begitu pun berbagai penelitian menunjukkan bahwa ada sedikitnya lima poin yang bisa membuktikan keberadaannya.

 

Bukti-bukti

 

            Pertama, citra UFO bisa direkam. Artinya, ada bukti gambar berupa foto atau rekaman video yang menunjukkan keberadaannya. Walau sebagian besar foto-foto atau video yang ada tentang citra UFO, hanya sedikit yang bisa dipercaya kebenarannya (bukan hasil trik).

            Kedua, Penampakannya bisa terdeteksi radar (radio detecting and ranging). Banyak laporan tentang penampakan UFO yang terpindai oleh radar. Terutama oleh para pilot yang sedang menerbangkan pesawat. Namun mereka tidak dapat memastikan jenis benda yang terlihat di radar, karena sama sekali tidak dikenali oleh mesin tersebut. Bahkan laporan dalam Proyek Buku Biru AS mencatat angka 20% dari pilot yang pernah mengetahui adanya benda terbang tak dikenal di sekitar pesawat mereka mengaku tak bisa melihat dengan mata telanjang tapi radar pesawat mendeteksinya.

            Ketiga, meninggalkan bekas di tubuh manusia. Beberapa laporan penampakan UFO disertai bukti yang tertinggal di tubuh manusia. Satu di antara sekian kasus, terjadi pada 20 Mei 1967. Saat itu seorang peneliti Kanada melihat dua benda asing terbang berjarak 10 meter di dekatnya. Saat didekati, keduabenda itu mengeluarkan semacam gas yang berbau menusuk sesaat sebelum menyemburkan sinar biru yang terang. Karena begitu dekat dengan obyek tak dikenal itu, wajah, perut, dan tangan si peneliti menderita luka bakar. Namun setelah beberapa minggu, luka-luka bakar itu lenyap tanpa bekas. Hal ini membingungkan para peneliti dan dunia medis.

            Keempat, meninggalkan jejak nyata yang aneh. Keberadaan UFO bisa dilihat dari jejak nyata yang ditinggalkan di sekitar penampakannya. Pada 8 Januari 1981, sebuah benda oval tak dikenal mendarat di sebuah desa kecil di Perancis. Banyak penduduk lokal yang melihat benda tersebut, namun hanya sesaat sebelum akhirnya terbang menghilang. Badan Ruang Angkasa Perancis (CNES – Centre Nationale d’Etudes Spatiales) mengirimkan tim risetnya ke lokasi penampakan UFO itu untuk meneliti bekas-bekas pendaratan. Militer kemudian menutup lokasi dan mengambil sampel yang diperlukan. Setelah dilakukan uji dan analisis laboratorium terhadap sampel (tumbuhan, rumput, tanah, dan batu) bekas pendaratan, laporannya bahwa struktur kimia benda-benda itu telah mengalami perubahan yang belum pernah ditemukan/diketahui sebelumnya.

            Kelima, kehadirannya bisa menyebabkan gangguan terhadap sistem kelistrikan. Berdasarkan hasil penelitian, dari 441 kasus gangguan sistem kelistrikan. Banyak laporan yang menyatakan sistem komunikasi, gangguan listrik, bahkan ganguan medan magnet pada setiap penampakan UFO dalam jarak dekat. Dalam riset AS, tercatat 120 kasus gangguan sistem kelistrikan terjadi di pesawat terbang saat berpapasan dengan UFO. Pada Maret 1977, sebuah penerbangan sipil dari Boston menuju Los Angeles dilaporkan mengalami gangguan pada sistem navigasi auto pilotnya. Perubahan arah penerbangan terjadi saat sebuah benda terbang tak dikenal melintas di depan pesawat itu. Benda terbang bersinar terang itu melayang tak jauh dari pesawat dan menimbulkan gangguan medan magnetik yang kuat. Sehingga arah penerbangan yang terkunci oleh auto pilot melenceng sangat jauh dari lintasan semestinya.

 

Bantahan

            Walau pun banyak bukti yang menunjukkan eksistensinya, sebagian peneliti lainnya justru mengajukan asumsi yang mematahkan teori keberadaan bUFO. Golongan ilmuwan ini sangat skeptis dan menganggap penampakan UFO tak lain dari fenomena alam dan ilusi semata.

            Sebagaian lainnya sangat meyakini bahwa penampakan UFO berkaitan erat dengan pembiasan spektrum cahaya atau yang sejenis dengan fenomena itu. Menurut mereka, foto UFO yang ada saat ini banyak yang tak jelas. Kemungkinannya citra itu hanyalah bayangan yang memantul di atmosfir bumi akibat proses radiasi dan pembiasan sinar.

            Kemungkinan lain, sinar matahari terfokus (radiasi terpusat) yang membias di atmosfer mengakibatkan konsentrasi sinar yang bisa membakar satu titik. Kesannya seolah-olah pancaran sinar dari UFO, padahal prosesnya serupa dengan “trik” membuat api dengan kaca pembesar.

            Pendapat lainnya justru lebih gamblang. Golongan ini mengajukan penjelasan bahwa gerak rotasi bumi dan siklus peredaran bumi terhadap matahari bisa menimbulkan “efek bayangan tertunda”.

            Bahkan ada lagi yang menguatkan asumsi fenomena spektrum cahaya karena UFO selalu senyap tak bersuara. Jika sebuah benda terbang bergerak cepat akan menimbulkan gesekan udara yang menimbulkan suara.  Namun karena penampakan UFO yang bergerak cepat tidak menimbulkan suara, besar kemungkinan itu adalah efek bayangan yang ditinggalkan bias cahaya.

            Kesimpulan dari berbagai pernyataan ini, menunjukkan bahwa UFO tak lebih dari efek cahaya yang melintasi atmosfer sehingga memunculkan bayangan yang terlihat mata.

            Kesimpulan ini tetap saja masih menyisakan banyak kelemahan. Setidaknya banyak hal lain yang berkaitan dengan UFO tak bisa dijelaskan oleh teori yang berhubungan dengan teori cahaya ini. Perdebatan masih terus terjadi, kontroversi tetap mengemuka. Namun banyak yang yakin bahwa suatu saat nanti akan ada penjelasan yang bisa memuaskan semua pihak. (aneka sumber) *

 

Misteri UFO, Tetap Teka-teki

Basuki – Evin | Global

 

            Minggu malam, 30 Oktober 1938, radio CBS di AS menyiarkan sebuah “laporan” tentang serbuan mahluk-mahluk Mars ke kawasan Grovers Mill, New Jersey. Siaran itu membuat panik hampir satu juta rakyat Amerika Serikat.

            Dering telepon membanjiri kantor-kantor polisi, media, dan stasiun radio tersebut. Warga bertanya-tanya di tengah kepanikan, apakah serangan alien itu memang benar-benar terjadi? Sumber kepanikan adalah sebuah drama radio “The War of the Worlds” arahan Orson Welles yang dimainkan The Mercury Theater dari novel karya HG Wells (1898). 

            Peristiwa enam puluh delapan tahun lalu itu cukup menggemparkan. Bukan hanya karena kekuatan dramatikal radio olahan Orson Welles saja, tetapi karena isu serangan alien itu memang terdengar benar-benar nyata. Ada pelajaran berharga dari peristiwa ini, –selain mulai diyakininya kekuatan radio sebagai media– yaitu perihal alien dan UFO ternyata bisa masuk akal juga.

            Pada 24 Juni 1947, pengusaha ternama AS Kenneth Arnold dalam penerbangannya di bagian Selatan Washington mengaku melihat sembilan benda besar bersinar melayang di atas gugus pegunungan Cascade, Negara Bagian Washington. Kejadian ini menarik perhatian media massa yang kemudian mengekspos hal tersebut. Pada tahun inilah istilah UFO mulai dipakai untuk merujuk benda asing terbang tak dikenal.

            Selanjutnya temuan Kenneth juga menarik perhatian militer terutama pihjak angkatan Udara AS (USAF) untuk melakukan penelitian serius soal penampakan di angkasa ini.

            Satu hal menarik, ribuan penampakan UFO selama seratusan tahun terakhir ini memang menjadi fenomena yang hangat dibicarakan di hampir semua belahan dunia. Puncaknya terjadi pada tahun 1960 sampai 1980-an. Bahkan lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 27 November 1978 mengangkat masalah UFO dalam pembicaraan Komite Politik Khusus dari Majelis Umum dalam sidang yang ke-33. Wah!

           

Konfrontasi

            Peristiwa penampakan UFO, meski masih diperdebatkan sebagai bukti adanya kehidupan di luar bumi atau sekadar fenomena alam, toh banyak menyisakan keanehan yang tak terjelaskan oleh pengetahuan kita hingga kini.

            Satu hal yang semakin membingungkan, atas laporan sejumlah institusi militer dari sejumlah negara yang mengklaim pernah berkonfrontasi dengan UFO atau mahluk yang dikenal sebagai ET (extra terrestrial) atau ALF (Alien Life Form).

            Dari sekian banyak negara, militer AS yang paling sering melaporkan konfrontasi dengan benda aneh terbang itu. Satu laporan pada 8 Oktober 1956 berasal dari armada satuan tempur udara di pangkalan militer AS di Jepang. Salah satu pesawat pemburu yang melihat UFO segera melepaskan tembakan rudal udara ke udara. Namun tiba-tiba pesawat pemburu itu meledak.

            Laporan lain datang dari Kuba, penerbang tempur Mig-21 Kuba melakukan pengejaran terhadap UFO. Merasa sudah memasuki jarak tembak, sang pilot segera membidikkan rudal infra-merah K-13 ke arah sebuah piring terbang. Namun rudal tersebut malah meledak di bawah sayap pesawatnya. Pilot dan pesawat tersebut hancur lebur, sementara UFO dilaporkan segera tancap gas melarikan diri.

            Lantas, dari Kepulauan Kurillen yang dikuasai Uni Soviet di tahun 1950-an, dilaporkan bahwa meriam anti serangan udara di kawasan itu menembaki objek terbang tak dikenal. Walau operator meriam dan pengamatnya yakin tembakan itu mengena, justru sasarannya tidak jatuh, malah melayang beberapa saat sebelum beranjak pergi.

            Bukan hanyadari luar negeri, penembakan juga pernah dilakukan Indonesia. Peristiwanya terjadi pada tahun 1964. Komando Sektor Pertahanan Udara di Surabya selama tujuh hari mengindera pergerakan sekelompok benda terbang tak dikenal di angkasa. Setelah dilakukan sejumlah koordinasi, meriam-meriam penangkis serangan udara di sekitar pangkalan menyalak. Dalam pantauan radar, benda-benda terbang itu membumbung tinggi saat peluru mengenai sasaran, namun tak satu pun yang jatuh.

           

Penelitian UFO

            Sejak tahun 1947 – Desember 1969, Angkatan Udara AS (USAF) melakukan penyelidikan intensif terhadap laporan-laporan penampakan UFO. Proyek penelitian ini dikenal sebagai Proyek Buku biru (Project Blue Book). Dari 12.618 laporan yang diteliti terdapat 701 laporan yang tak bisa dijelaskan. 

            Sementara itu, Departemen Pertahanan Inggris  sejak tahun 1967 – 1972 juga melakukan penelitian sejenis. Dari 1.631 kasus yang valid untuk diteliti, sebagian di antaranya tak terungkap alias tidak bisa dijelaskan.

            Peristiwa jatuhnya piring terbang di Roswell, New Meksiko pada tahun 1947, dekat dengan pangkalan udara tempat “bertenggernya” Grup Pembom ke-508 USAF, satuan udara yang dilengkapi bom-bom nuklir. Hal itu masih menyisakan tanda tanya.           Lantas pada awal 1990-an, Area 51 salah satu pangkalan militer AS dicurigai banyak pihak sebagai basis “penyimpanan” bukti-bukti puing UFO dan jasad alien. Toh, hal itu juga tidak memberi kontribusi apa-apa terhadap penjelasan fenomena UFO dan alien.

            Lantas banyak bukti lain yang cukup membingungkan seperti adanya pola lingkaran panen di lokasi yang dilaporkan pernah di darati piring terbang, atau bukti-bukti semacam metal yang jatuh dari UFO yang struktur dan komposisinya unsurnya belum pernah ditemukan di bumi.

            Sejauh upaya manusia untuk mengungkap rahasia UFO ini, telah memunculkan banyak teori, dari yang ilmiah, politik, sampai yang berbau tahyul. Hal ini setidaknya menjadi bukti betapa ilmu dan pengetahuan kita belum mampu mengungkap misteri semesta, bahkan dalam cakupan bumi sendiri. Misteri UFO tetap menjadi teka-teki.*

 


Aksi

Information

12 responses

29 11 2007
radiocomunication

tak dikenal (unidentified flying objects atau UFO) di langit sebelah selatan wilayah Campeche. Menurut jurubicara Departemen Pertahanan Meksiko, pilot-pilot itu juga berhasil memfilmkan benda-benda terbang tersebut.

Rekaman video yang disebarkan juga bagi media massa dalam konfirmasi hari Selasa (11/5), memperlihatkan objek-objek bercahaya terang dengan sinar-sinar tajam bergerak sangat cepat di langit senja yang temaram.

Objek-objek bercahaya itu difilmkan pada tanggal 5 Maret oleh pilot-pilot AU Meksiko yang dilengkapi peralatan infra merah. Mereka (UFO) terbang pada ketinggian sekitar 3.500 meter dan dengan cepat mengelilingi pesawat saat jet Meksiko ini melakukan patroli rutin memerangi penyelundupan obat bius di atas Campeche. Dari beberapa benda bercahaya yang terlihat, hanya tiga yang bisa tertangkap radar pesawat.

“Apakah saya takut? Ya. Saya sedikit takut karena kami menghadapi sesuatu yang belum jelas dan belum pernah ada sebelumnya,” ujar operator radar Lt. German Marin dalam wawancara publik hari Selasa.

“Saya tidak bisa mengatakan benda apakah itu… tapi saya yakin mereka benar-benar ada,” tambah Lt. Mario Adrian Vazquez, operator peralatan infra merah. Vazquez juga menegaskan film yang mereka buat itu bukan rekaan.

Sementara itu, kapten pesawat Mayor Magdaleno Castanon mengatakan jet-jet militer kemudian berusaha memburu cahaya-cahaya itu. “Saya kira mereka tahu bahwa kami mengejarnya,” ujar Castanon. “Ketika jet-jet berhenti mengejar, mereka pun menghilang.”

Dalam konferensi pers hari Selasa, juru bicara Departemen Pertahanan Meksiko membenarkan video itu difilmkan oleh anggota AU Meksiko. Sayang sekali ia tidak memberi penjelasan lebih lanjut.

Adapun video rekaman para pilot ditayangkan pertama kali di televisi nasional hari Senin malam (10/5) dan diputar lagi pada konferensi pers hari Selasa oleh Jaime Maussan, peneliti Meksiko yang sudah 10 tahun mempelajari fenomena UFO. Maussan mendapatkan rekaman itu 22 April lalu dari Menteri Pertahanan Meksiko, Jendral Ricardo Vega Garcia.

“Ini adalah peristiwa bersejarah,” kata Maussan. “Ratusan video UFO sudah beredar, tapi tak satupun yang didukung atau diakui angkatan bersenjata negara manapun. Mereka tidak ingin diolok-olok karena rekaman palsu. Namun yang satu ini lain karena melipatkan Angkatan Udara.”

Benarkah UFO telah mengunjungi Bumi, atau yang dilihat pilot-pilot itu adalah pesawat rahasia jenis baru? Entahlah. Bukti yang ada saat ini hanya rekaman cahaya misterius di atas. (AP/CNN/wsn)

8 01 2008
vHaNz

Br aja tadi saya bersama tmn2 kelas saya,melihat benda terang terbang tak bersuara, menurut salah satu teman yg melihat benda tsb menyatakan itu adlh pesawat terbang,akan tetapi saya dan teman2 saya yg lain membantah atas pernyata’an tsb,karna sudah jelas2 benda itu tak bersuara,dan jika bnda itu lampu menara atau hanya pantulan cahaya,bagaimana bisa benda itu melayang berputar2 sebelum akhirnya terbang lurus kearah utara.,saya melihat benda tsb didaerah taman kencana,bogor

8 01 2008
vHaNz

Satu tambahan saya tidak mengada2 akan pernyataan tsb,saya benar2 melihat,kalau saja ada alat perekam video ditempat itu tentu saya akan merekamnya,.saya pun punya beberapa org saksi.,

18 01 2008
Fandi

UFO akan muncul menjelang dajjal datang di muka bumi.

5 02 2008
Adien

Aku Adien kakanya alien, aku emang hidup di luar daya khayal kalian sekalipun, aku tinggal di gugusan bintang lain, jarak ke bumi 30 milyar tahun cahaya, tapi dengan pesawat piring terbangku, aku bisa nyampe ke bumi hanya 3 hari tiga malam saja, aku senang lihat bumi karena jamannya yang sangat super primitif. gitu aja deh

14 03 2008
radiocomunication

hehehe…hi adien…
salam buat jin dan ifrit disana yach heheh

12 12 2008
rizalolo

tempat pangkalan ufo ada dia sangat dekat dengan bumi,dan bisa di lihat dengan mata telanjang kalau langit cerah,bulan adalah pangkalan ufo

20 01 2009
Alumni

Segitiga b ermuda dimana?

8 05 2009
eKo (alien)

aku ingin tau sgitiga bermuda dimana sbenernya
bales ya….???

saya ingin bertemu teman saya yg ada di planet lain

hahaha…

sama tmn saya yg ada di skolah

salam buat holman yg ada di jakarta

dan tmn” semuanya yg ada di jakarta

hahaha….

8 05 2009
eKo

hahaha aku elien

hahaha…

salam knal

1 08 2009
black

gw ga percayaaaaa…..

23 10 2009
Adny'z

TU smUA rAhasiA IllaHi. . Kalo dy bloN pngen qta tau pa pirin9 trbAng /UFO tU bner2 ada, dy g bkalan ngsiH tau/pTuNjuk. . . Wlopun qta dah mati2an bWt ngbuktiIN kbrDaAn’y. .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: