Setan Penghuni Belantara Tasmania

29 11 2007

Evin Bakara

  tasmanian devil  Kala malam menyarungi hutan pedalaman Pulau Tasmania di ujung Tenggara daratan Australia, lengkingan menyeramkan itu pun terdengar. Suaranya keras memecah malam. Mengisi relung-relung kegelapan, menimbulkan kesan seram yang mencekam. Hanya sesekali, tetapi cukup meremangkan bulu kuduk. Jeritan itu berasal dari mulut setan!

Sebelum mahluk ini dikenal luas, orang seringkali merasa kaget dan ngeri mendengar lengkingan di malam hari di Pulau Tasmania. Suara yang menakutkan itu selalu mengisi malam, ketika matahari sudah terbenam. Hutan di malam hari seolah bangkit dari tidur dan ingin menerkam mangsa. Lalu tahyul tentang hantu, setan dan iblis melekat erat padanya.tasmian devil anakan

Mahluk yang sering berkelebat di pekatnya malam ini pun diberi nama Setan Tasmania (Tasmanian Devil). Sejak seorang naturalis bernama George Harris menulis dan mempublikasikan deskripsi tentangnya pada 1807 untuk pertama kali, komunitas peneliti dan petualang ingin mengungkap lebih jauh tentang keberadaannya. Mahluk apakah yang bersuara menakutkan itu?

Tak ada yang menyangka jika suara melengking tinggi, nyaring, dan menakutkan itu dipekikkan oleh seekor hewan bertubuh kecil mungil. Ukuran tubuh jantan dewasa bisa mencapai 65 cm termasuk bagian ekor sepanjang 25 cm. Ia bisa tumbuh kembang sampai berbobot 8 kg. Sementara betinanya lebih kecil, sekitar 57 cm termasuk ekor 24 cm, dan tubuh seberat 6 kg.

Batas kehidupannya hidup di alam liar memang singkat. Hanya bertahan sampai usia enam tahun. Namun kemampuan berburu dan bertahan hidupnya sangat tinggi. Walau mungil, ia adalah marsupial karnivora terbesar yang bisa ditemukan di Pulau Tasmania, di benua Australia. Dan ia memang satwa endemik (hanya ditemukan di satu wilayah tertentu) Australia.

 

Predator Nokturnal

Setan Tasmania (Sarcophilus harrisii) adalah marsupial pemburu di malam hari. Rahangnya yang keras dan kuat, serta lengkingan menyeramkan membuat ia menyandang nama “setan”. Dan gelar “setan” bukan hanya dari suara tetapi juga dari kebiasaan hariannya yang ganas, urakan, dan sangat agresif.

Setan Tasmania mungkin adalah salah satu karbivora nokturnal (hewan malam) yang paling ribut. Walau mampu berburu dengan baik, ia lebih suka menyantap bangkai hewan-hewan yang telah mati. Jika sedang makan, Setan Tasmania akan mengeluarkan suara geraman dan rintihan keras dan kuat. Dan ia selalu menyantap mangsanya sampai habis tuntas tanpa tersisa. Bahkan sampai bulu dan tulang semua ludes disantap. Seakan-akan si setan ini selalu kelaparan.

Hewan berbulu hitam dengan pola putih di dadanya ini menjadi predator menakutkan bagi reptil, ikan, serangga, katak, burungm bahkan ternak. Dengan kemampuan lari mencapai 13 km per jam dalam jarak dekat, ia cukup cekatan mengejar mangsa-mangsa yang kecil.

Karena sifatnya yang suka kegelapan, Tasmania Devil hanya bisa dilihat saat malam menjelang atau sebelum fajar menyingsing. Jika hari terang, ia lebih suka meringkuk dalam lubang-lubang tanah atau batu, menutup mata dan tidur sepuasnya.

Setan ini dilengkapi kumis yang panjang di wajahnya dan bulu mata di bagian atas kepalanya. “Kumis” ini akan membantu si setan mendeteksi mangsa saat melakukan perburuan di malam yang gelap. Membantunya mengenali mangsa dan sesama setan lainnyasaat “pesta daging” berlangsung.

Kemampuan berburu di malam hari juga disempurnakan dengan perangkat mata yang bisa melihat objek dalam gradasi hitam dan putih yang sangat nyata. Hal ini mendukung sistem sensor terpadu untuk mendeteksi objek bergerak namun sangat sukar untuk mengetahui objek yang diam.

Rahang yang keras dan bisa terbuka lebar menjadi pertanda bahwa Setan Tasmania memang memiliki kemampuan mengigit dan mengunyah yang luar biasa. Struktur rahang dan kepala yang besar menyokong kemampuan mengunyah dan merobek dalam waktu yang singkat. Wah!

 

Marsupial

                Seperti hewan marsupial berkantung lainnya, setan betina juga akan membesarkan anaknya di dalam kantung kulit di luar perutnya. Setelah dilahirkan, anakan setan akan bertumbuh di dalam kantung ibunya selama 15 hari. Setekah itu ia akan keluar dan hidup sebagai setan-setan baru. Anak-anak Setan Tasmania ini mahir memanjat pohon, namun seiring pertumbuhan tubuhnya, ia akan kehilangan kemampuan memanjatnya.

                Betina akan mencapai kematangan seksual setelah berusia 2 tahun. Ia akan melahirkan 2 – 4 anak dalam satu fase perkawinan. Namun setan-setan jantan tak akan ragu untuk kawin dengan banyak betina. Sehingga seekor pejantan bisa mempunyai 20-an anak dari empat sampai enam betina.  Hmmm…

               

Spesies yang Bertahan

                Tasmanian Devil diidentifikasikan sebagai hewan dari keluarga Dasyuridae. Dan ia adalah spesies satu-satunya dari genus Sarcophilus yang tetap bertahan hidup di muka bumi. Spesies Sarcophilus lainnya dinyatakan sudah punah sama sekali.

                Setan ini sendiri pernah hampir punah dari alam liar, saat perburuan terhadapnya sejak 400 tahun lalu berlangsung. Namun pada 1941, ketika pemerintah menyadari satwa ini hampir terbantai habis dari habitatnya, maka dikeluarkan peraturan yang melarang perburuannya. Karena itulah si setan ini masih ada di Tasmania hingga hari ini, wakau ia tergolong satwa langka.

                Sebagai karnivora yang oportunis (mencari dan memanfaatkan kesempatan), Setan Tasmania cukup cepat dalam beradaptasi. Walau habitat aslinya dipedalaman hutan, spesies ini ternyata mampu hidup di wilayah perkotaan, tepi pantai, dan daerah terbuka lainnya. Kemampuan adaptasi ini membuatnya mampu bertahan hidup lebih dari yang kita bayangkan.

                Mahluk berkuku tajam dan panjang ini suka hidup menyendiri (soliter), dan membutuhkan daerah perburuan seluas 8 – 20 km persegi. Jika ia merasa terdesak, setan ini akan mengeluarkan bebauan yang menyengat dan siap untuk menyerang. Si setan kecil ini memang mudah tersinggung, agresif, dan sangat pemarah.

tazBegitupun menyeramkan dan buruknya kebiasaan si setan ini, ia ternyata cukup populer dalam literatur. Terutama dalam kisah anak-anak. Mungkin karena keunikannya, penulsi bayak yang mengadaptasi Tasmanian Devil sebagai salah satu karakter. Seperti kartun buatan Warner Bros dalam tokoh “TAZ” yang ternyata cukup populer. (berbagai sumber)*


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: