Bermain di Derasnya Sungai

14 12 2007

Evin bakara

         Sungai yang bergemuruh, meliuk dan menderas merupakan “surga” para penggemar arung jeram. Dihentakan aliran deras yang menurun ini mereka justru menikmati sensasinya.

 

            “Yang paling asyik waktu melewati jeram dan berteriak sekuatnya!” papar Joni Kurniawan, penggiat arung jeram dan pemrakarsa Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) di Sumut.Terlambung jeram

            Berperahu diderasnya sungai memang terdengar “gila”. Tetapi bagi para penggemar arung jeram ini adalah tantangan yang mengasyikkan. Wahana yang digunakan hanya perahu karet, dayung, dan peralatan keselamatan diri (helm, life jacket). Tentu saja harus didukung pengetahuan dan keterampilan arung jeram. Lalu selama sekian jam mereka akan bermain diliarnya sungai.

            Semakin sulit jeramnya semakin menantang untuk dilalui. Semakin deras alirannya semakin bergairah mereka mengemudi perahu. Semakin berguncang kapal semakin kuat pekikan yang terdengar. Wajah-wajah puas akan terlihat ketika perahu sudah melintasi jeram demi jeram, menghindar lubuk dan bebatuan. Tubuhpun basah oleh keringat bercampur air dan mereka ingin kembali dan kembali lagi menempuh jeram-jeram yang ganas.

            Walau kegiatannya terdengar seram bagi awam, arung jeram sebenarnya cukup mengasyikkan jika dilakoni. Asalkan prosedur keselamatan yang ditetapkan dipatuhi dan diamalkan. Berbagai kecelakaan yang mungkin terjadi dari kegiatan ini disebabkan ketidaktahuan dan minimnya pengetahuan tentang arung jeram. Karena itu bagi yang awam atau pemula, perlu didampingi pemandu profesional yang berpengalaman.

            “Pemandu ini akan ikut pada setiap perahu yang digunakan,” kata Joni yang juga mengelola usaha Rapid Plus – Adventure & Expedition Specialist, termasuk paket arung jeram di Sumut.

            Intinya yang ingin berarung jeram (awam) akan dibrifing singkat tentang teknik dasar, lalu pemandu memberikan pengenalan singkat aba-aba. Setelah itu selama berarung jeram, semua peserta mestilah taat pada aba-aba perintah dari pemandu yang menjadi skipper (kapten) perahu.

 

Dari Orad sampai Wisata

            Arung jeram (rafting) sudah menjadi bagian dari olahraga arus deras (orad). Biasanya dilakukan secara beregu. Perahu yang digunakan terdiri dari banyak macam dan jenis. Biasanya yang berkapasitas 5 sampai 12 orang.  

            Dalam situs FAJI.org disebutkan, setiap orang yang sehat dapat mencoba olahraga arung jeram. Arung Jeram dapat dikategorikan sebagai olah raga petualangan, karena tidak saja mengandung unsur olahraga (sport), tetapi juga petualangan (adventure)  dengan berbagai risikonya.

            Unsur olahraga memang sangat menonjol jika ditilik dari gerak fisik dan olah nalar. Selain mengandalkan teknik kayuhan, arung jeram memerlukan ketetapan dalam “membaca” medan, menilai situasi, mengambil keputusan cepat, dan bekerjasama daklam satu tim. Paduan ini membuat arung jeram cukup menarik untuk digeluti sebagai bagian olahraga beregu.

            Selain hal-hal itu, biasanya arung jeram juga melewati rute-rute yang cukup eksotis. Pemandangan yang terhampar di sekitar daerah aliran sungai bisa menjadi penawar kerinduan pada kehidupan liar. Pemandangan yang indah dan memukau melintasi hutan, tebing bebatuan, dan keragaman hayati yang terlihat mampu memberikan  keasyikan lebih. Karena itu arung jeram bukan sekadar olahraga biasa, ia juga mengandung unsur wisata yang kental.

            Kalau untuk olahraga, umumnya dilakukan di sungai-sungai dengan tingkat kesulitan yang tinggi (biasanya klasifikasi grade atau class 3-5). Tapi untuk arung jeram wisata dipilih aliran sungai yang tidak terlalu “garang”. Biasanya hanya pada class 1-3.

            Kenapa sih orang mau ber-arung jeram? Jawabnya bervariasi. Sebagian penggemar arung jeram akan menjawab karena ini merupakan pengalaman yang mangasyikkan, sebagai penawar jenuh dari rutinitas. Beberapa lainnya berpendapat arung jeram merupakan uji keberanian diri dan tantangan. Bahkan sebagian lainnya mengatakan alasan yang sangat sederhana: “Karena saya senang melakukannya!” *


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: