Bukan Sekadar Buku

14 12 2007

Oom Evin

           360px-open_book_01svg.pngApa sih menariknya buku? Begitu yang selalu terlintas di benak Nando. Ia tak pernah bisa menyukai buku. Sebuah benda yang baginya hanyalah kumpulan kertas dengan tulisan yang dihiasi gambar atau foto yang membosankan. Memang terkadang ada juga gambarnya yang menarik, namun ia sama sekali tak pernah tertarik untuk membaca buku.

            Nando sudah berusia 9 tahun dan sudah duduk di kelas 3 SD. Ia sebenarnya bukanlah murid yang menonjol di kelasnya, karena ia klebih suka bermalas-malas atau menghabiskan waktu bermain ketimbang belajar apalagi membaca buku. Maka nilai ujian yang jeblok sudah menjadi hal biasa baginya, dan nilai bagus adalah sesuatu yang hanya menjadi mimpi untuknya.

            Suatu hari, ada anak baru di kelas Nando. Murid pindahan dari Jawa. Namanya Sukro. Orangnya kecil, berkulit hitam, dengan mata legam yang tajam. Baru dua minggu di kelas Nando, ia sudah menunjukkan kualitasnya. Bisa dikata ia adalah anak yang cerdas.

Sukro bertolak belakang dengan Nando. Ia gemar membaca. Semua buku suka dibacanya. Melihat halitu Nando lama-lama penasaran juga.

Saat istirahat berbunyi Nando menghampiri Sukro yang sedang membaca sebuah komik. “Eh, Sukro… lagi ngapain sih?”

Sukro menoleh sambil tersenyum, “Oh Nando… aku sedang baca komik sains neh!”

“Komik sains?” Nando melirik ke buku yang dipenuhi gambar kartun itu.

“Iya… isinya menarik sekali, lho!” Sukro menutup bukunya dan mengansurkannya ke Nando, “Kamu mau lihat?”

“Ah, nggak. Aku nggak suka baca!” kata Nando sambil menyeruput es buahnya.

“Lihat dulu deh… kamu pasti tertarik!”

Dengan enggan Nando menerima buku itu. Judulnya “Komik Sains Populer – Seri Pengetahuan Alam!” Sampulnya menarik juga, bergambar kartun seekor simpanse lucu yang sedang menghitung buah pisang yang tersebar di mana-mana. Sebentara Nandio membolak balik buku itu dan mengembalikannya pada Sukro.

“Apa asyiknya sih membaca Kro?” tanya Nando.

“Wah, tentu saja mengasyikkan Ndo! Dari buku kita bisa dapat pelajaran, pengetahuan, dan hiburan, selain gambar-gambar yang menarik…”

“Apa menariknya itu?”

“Ya… paling tidak dengan membaca, kamu akan lebih banyak tahu tentang banyak hal!”

“Uh, bagiku itu sama sekali nggak penting deh…” Nando kembali menyeruput es buahnya. “Lebih asyik maen PS atau  nonton… itu baru keren!”

Begitulah Nando. Ia tetap saja meneruskan kebiasannya bermalas-malas. Sampai akhirnya sebulan berlalu. Rabu pagi itu, Bu Guru tiba-tiba mengadakan ulangan pengetahuan umum. Nando yang tak siap tentu saja kelabakan. Hasilnya ia lagi-lagi dapat nilai buruk. Namun Sukro kali ini dapat nilai sempurna.

Nando iri juga pada Sukro si anak baru itu.

“Eh, kok kamu bisa dapet nilai seratus sih Kro? Sementara aku hanya da[pet point lima puluh!” kata Nando.

“Yah… kupikir karena aku bisa menjawab semua soal yang diberikan bu Guru!” kata Sukro.

“Coba kulihat lembar jawabanmu…” kata Nando. Sukro mengangsurkan kertas yang sudah dinilai itu. Nando melihat jawaban-jawaban di kertas ulangan Sukro benar-benar bagus dan lebih dari sekadar jawaban singkat yang diajarkan di sekolah…

“Eh, darimana kamu bisa menjawab dengan begitu baik sih, Kro? Tadi aku di suruh buGuru koreksi di buku pelajaran, tetapi jawabanmu kok lebih lengkap sih?”

Sukro tersenyum. “Ah, mungkin karena kebetulan saja pertanyaan yang diajukan tidak asing bagiku, karena aku banyak baca buku ilmu pengetahuan…”

“Masa hanya dari pernah membaca saja kamu bisa tahu?” Nando mengernyitkan dahinya.

“Ya, tentulah Ndo… kalau kita menyukai hal yang kita baca, tentu saja kita akan ingat isinya! Cobalah untuk membaca buku dan menyimak semua informasi penting di dalamnya!”

Dalam hati Nando mengingat pesan Sukro. Benarkah buku bisa begitu berguna?

Sepuluh tahun kemudian, Nando baru menemukan manfaat membaca buku-buku ilmu pengetahuan. Wawasannya semakin lama semakin terbuka …*


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: