Hobi yang Mendarah Daging

14 12 2007

evin bakara

“Karena saya senang melakukannya,” jawaban singkat itu diucapkan Joni Kurniawan, hobiis arung jeram dan outdoor activity ini kepada Global, saat ditanyamengapa ia menggeluti arung jeram.

rapid plusJoni Kurniawan bukan nama asing dalam perkembangan arung jeram di Sumut. Sejak mahasiswa ia aktif dalam kegiatan alam bebas dan lingkungan hidup. Pernah menjabat sebagai ketua umum KOMPAS USU dan staf ketua di senat mahasiswa USU dan BADKO HMI Sumut.

Ayah satu anak ini merupakan salah seorang pemrakarsa berdirinya Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) di Sumatera Utara dan menjabat sebagai Ketua Umum yang pertama pada periode 1997-2001.

Pengalaman lapangan yang pernah diikuti dan dilaksanakan adalah melakukan ekspedisi pendakian gunung-gunung di kawasan Leuser, Sumatera dan Jawa hingga gunung bersalju di Papua. Pengalaman lain adalah sebagai instruktur kegiatan di alam bebas (outdoor), merancang dan membuat pelatihan interpretar ekowisata, mountaineering guide & campsite management training, pelatihan pemandu arung jeram, survival & navigasi serta pendidikan lingkungan.

Dalam bidang arung jeram, Joni yang punya dua toko outdoor dan rafting gear – Alas Tripa dan River- ini juga pernah memegang tanggung jawab sebagai Race Manager yang merancang sistem perlombaan perahu karet untuk tingkat daerah, nasional maupun internasional yang pernah diselenggarakan di sungai Asahan (2000 dan 2001).

Pada tahun 2001 yang lalu dipercayakan sebagai kapten tim Indonesia dalam kejuaraan Arung Jeram Internasional (Four Square Challenge) di sungai Gangga India dan menjadi manajer tim Indonesia pada Kejuaraan Kayak Arus Deras di Sungai Sedim Malaysia pada tahun 2002.

Pengalamannya di jeram-jeram Sumatra seperti Sungai Wampu, Sungai Bingei, Sungai Asahan, Batang Asai (Jambi) memang mengajarkan banyak hal pada Joni. Seiring dengan hobinya yang mendarah daging, Joni pun menganut filosofi air. “Air selalu mengisi ruang. Jika air terus mengalir maka ia pasti membesar. Ibarat air, sesuatu yang selalu kita tekuni pasti akan mengahsilkan sesuatu yang lebih besar dan terus berkembang,” paparnya dengan senyum penuh arti. (evin bakara)

 

RAPIDPlus: Komitmen Lebih dari Sekadarnya

Satu usaha yang dirintis Joni Kurniawan adalah RAPIDPlus. Pengalaman dan hobi yang digelutinya selama ini akhirnya dituangkan dalam sebuah usaha.

Bersama rekan-rekannya RAPIDPlus sebagai adventure & expedition specialist

menawarkan rancangan dan pelaksanaan even-even kegiatan di alam bebas, baik lokal, nasional maupun internasional.

Kegiatan yang ditawarkan lembaga yang beralamat di Jalan Setia Budi 206 Medan itu, cukup beragam. Mulai dari paket outdoor training berupa outdoor camp, adventure program, leadership training, dan team building training sampai outing & gathering program, ecotourism, dan outdoor challenge.

Penulis sendiri pernah mencoba arung jeram bersama RAPIDPlus di kawasan Sungai Wampu, Langkat. Alur sungai yang dipilih memiliki grade 2 – 3 itu terlihat cukup menggoda. Sebelum naik ke perahu, setiap peserta diminta melakukan pemanasan ringan. Lalu skipper memberikan petunjuk singkat teknik dasar berarung jeram. Tak ada yang sulit dalam penjelasan yang diberikan. Benar saja, setelah brifing, semua peserta yang memang awam sudah bisa mengikuti arahan skipper melintasi jeram-demi jeram.

“Rafting yang termasuk dalam bidang yang kami sosialisasikan, dapat diikuti semua orang yang berusia 12 – 55 tahun. Tanpa harus memiliki kemampuan yang tinggi semua bisa mengikuti petualangan yang seru dan mengasyikkan. Sebuah rekreasi yang sesuai untuk semua orang,” kata Joni.

Menurutnya, RAPIDPlus sebagai lembaga yang cukup aktif memang usaha yang berbasis dari hobi yang kemudian dikembangkannya menjadi bisnis. Setidaknya dengan komitmen menjadikan alam sebagai media membangun karakter manusia, memberikan nilai lebih dari sekedar berlatih dan berwisata. “Komitmen ini kami bangun atas dasar prinsip edukatif, rekreatif dan partisipatif,” ucapnya pasti. (evin bakara)*


Aksi

Information

One response

31 12 2008
arnold

Hai, Salam Kenal
sekedar membagi Informasi tentang penyewaan tenda dan alat-alat camping , pembuatan dan penjualan tenda,
Berkemah, Camping, kemping, Even, Wisata Alam, Mabim, Outbound Training, Tenda Dome, Tenda Sarnafil atau Tenda Kerucut;
silakan hubungi kami di http://www.tendaku.net atau http://www.mrcamp.net
thx..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: