Heboh, Cafe Ganja Pertama di AS!

30 11 2009

cannabis_2Sedap betul warga Oregon. Untuk pertama kalinya di Amerika Serikat, sebuah cafe yang menjual marijuana secara legal dibuka di Oregon. Suatu langkah “berani” yang diambil pemerintah di bawah kepemimpinan Obama.

Cannabis Cafe di Portland, Oregon, itu mulai buka sejak Jumat lalu. Ini merupakan cafe pertama di seluruh AS yang mendapatkan izin menjual marijuana (sejenis ganja) untuk dipakai secara bebas di dalam cafe itu asalkan tidak dibawa keluar ke area publik.

Madeline Martinez, selaku direktur eksekutif NORML di Oregon, sebuah grup yang mendesak legalisasi marijuana, menyebutkan bahwa cafe ini menjadi lambang kebebasan pribadi yang sesungguhnya.

Cafe ini secara teknis adalah sebuah private club, namun ia tetap terbuka untuk seluruh warga Oregon yang menjadi anggota NORML dan memiliki kartu resmi medis untuk memakai marijuana.Marijuana Everywhere

Setiap anggota wajib membayar USD 25 per bulan untuk berhak memakai fasilitas di cafe ini. Para member tidak membeli marijuana, akan tetapi mendapatkannya secara gratis di cafe yang bukan sejak pukul 10 pagi – 10 malam itu. Namun cafe ini tidak memiliki ijin penjualan minuman keras kecuali makanan dan minuman serta legalisasi penggunaan marijuana.

Ada sekitar 21.000 pasien yang terdaftar sebagai pemakai marijuana untuk kepentingan medis di Oregon. Dokter memang menyarankan pemakaian marijuan untuk jenis penyakit tertentu seperti penyakit rasa sakit kronis, alzheimer, diabetes, multiple sclerosis dan Tourette’s syndrome.

Pada hari pembukaannya, sejumlah wartawan diundang ke dalam cafe ini. Mereka bisa mencium bau khas ganja namun tidak diijinkan melihat member yang sedang mengisap ganja tersebut.

Dibukanya cafe ini hanya sebulan setelah pemerintahan Obama meminta jaksa federal untuk tidak menuntut para pasien yang diberi terapi pengobatan dengan ganja untuk alasan medis. MEreka diberi dispensasi hukum dan diberi karti legalisasi menggunakan ganja sebagai obat, asal tidak dipakai di ruang publik.

Sekitar 11 negara bagian di AS, termasuk Oregon, mengikuti langkah California pada 1996 untuk mengadopsi “medical marijuana laws” yang membolehkan narkoba itu ditanam dan dijual untuk fungsi pengobatan.  *(yahoonews/reuters/foto: int)

 

LINK:
http://www.medantalk.com/heboh-cafe-ganja-pertama-di-as/


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: