Misteri Umur Panjang si Tikus Botak!

30 11 2009

mole nakedTikus tanah botak tidak menderita kanker. Mereka merayap di belukar yang tersiram racun asam namun tetap bertahan hidup, beberapa bahkan mampu melewati batas usia hidup rata-ratanya.

Thomas Park, seorang profesor sains biologi di University of Illinois di Chicago bahkan merasa kagum dan beranekdot, “Mahkluk ini saya kira
berasal dari Mars!”. Demikian yang dilansir AP dan dikutip dari Yahoo!News, Minggu (29/11).

Sesungguhnya, tikus-tikus aneh ini berasal dari Afrika. Namun tikus tanah botak itu menjadi populer dalam laboratorium riset, tatkala mereka selamat dari pembasmian dan mengejutkan ilmuwan dengan kemampuan bertahan hidupnya sampai usia 30 tahun dan potensi yang ditawarkannya pada kesehatan manusia. Tikus-tikus ini telah digunakan sebagai bahan studi terhadap berbagai kepentingan penelitian kanker sampai stroke.

Sekitar 1.500 tikus tanah botak hidup dalam tabung-tabung khusus di University of Texas Health Center di San Antonio dan sudah membentuk koloni mereka sendiri. Di situ lah seorang peneliti bernama Rochelle Buffenstein melakukan penelitian intensif terhadap umur panjang sang tikus dan kekebalannya terhadap kanker –yang menurut Buffenstein kanker tak pernah ditemukan pada tubuh hewan pengerat.

Nyaris buta dan tanpa bulu, pengerat istimewa ini dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan buatan di Lab. Normalnya mereka hidup di bawah lorong-lorong gelap dengan struktur sosial yang mirip dengan kaum lebah.

Sementara tikus lab hanya mampu bertahan rata-rata 2 tahun, tikus tanah botak justru mampu mencapai usia 30 tahun. Berdasarkan penelitian, struktur tulang tikus ini baru merapuh setelah ia mencapai sekitar 24 tahun!

Walau terlihat sangat ringkih dan lemah, tikus-tikus ini adalah hewan yang sangat kuat dan tangguh. Ia punya sistem kekebalan khusus (hampir tak memiliki neurotransmitter suatu sunbstansi P yang menghantarkan “rasa sakit”) sehingga kebal dan hampir tak pernah merasa sakit. Ini membuka jalan untuk penelitian terhadap penelitian tentang rasa sakit.

Penelitian terhadap kemampuan tikus-tikus tanah botak termasuk soal kebal rasa sakit dan umur panjangnya, akan dipublikasikan dalam jurnal
NeuroReport pada Desember nanti. * (AP/Yahoo/BS)

link:
http://www.medantalk.com/misteri-umur-panjang-si-tikus-botak/


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: