Bunglon Spesies Baru dari Hutan Tanzania!

1 12 2009

chameleon_1529265cIlmuwan berhasil menemukan satu spesies baru bunglon yang tubuhnya sangat mungil dari pedalaman hutan Tanzania. Hewan yang belum pernah teridentifikasi ini memiliki tanduk di atas kepala bagian depan dan bintik biru di sisi perutnya.

Bunglon mungil ini dijuluki “Teensy Chameleon” dengan nama baru ilmiahnya “Kinyongia magomberae”, karena ukuran tubuhnya hanya sepanjang 7,2 cm dengan pajang ekor yang hampir sama dengan panjang tubuhnya.

Ilmuwan asal University of York, Andrew Marshall pertama kali melihat hewan kala ia melakukan studi kehidupan monyet di hutan Mangombera. Saat itu ia dikejutkan oleh ular pohon yang tiba-tiba menyambar satu dari bunglon tersebut.

Sejauh ini, empat spesimen dari speies tersebut telah teramati di bagian hutan Mangombera pedalaman Tanzania, yang tak terlindungi dan di hutan Mwanihana yang berada dalam lingkungan Udzunga Mountains National Park.

Kinyongia magomberae punya kemampuan kamuflase dengan campuran warna hijau kecokelatan yang penyamarannya menyatu dengan habitat sekitarnya. Perubahan warna pada spesies bunglon terbaru ini tergantung pada moodnya. * (AP/YAHOO/BS)

link:
http://www.medantalk.com/bunglon-spesies-baru-dari-hutan-tanzania/


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: