Ih, Jutaan Makhluk Merayapi Kulit Kita!

1 12 2009

under_our_skin_015Bersiaplah untuk menghadapi kenyataan ini. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa tubuh manusia adalah rumah yang nyaman bagi sejumlah besar mikroorganisme (makhluk kasat mata) dari beragam spesies. Setiap jenis dan spesies tertentu memilih kavling-nya masing-masing secara spesifik, mirip manusia yang memilih lokasi tinggal di kompleks perumahan.

Ilmuwan mencari tahu perihal ini dengan melakukan studi di 27 lokasi tubuh yang berbeda, termasuk di bagian lambung, mulut, telinga, hidung, dan 18 permukaan kulit lainnya dari manusia dewasa yang sehat. Lalu melakukan eksperimen memindahkan mikroba tertentu dari satu lokasi ke lokasi lainnya di permukaan kulit orang yang sama dan orang lain, untuk mengetahui apakah satu jenis mikroba bisa bersanding di sembarang tempat di tubuh kita.

Hasilnya, ternyata satu jenis mikroba akan merasa nyaman di satu lokasi tertentu di kulit kita, walau ia tetap bisa berdiam di lokasi yang lain. Misalnya mikroba tangan, tak akan berkembang di bagian wajah, tetapi mikroba wajah bisa saja berkembang biak di tangan.

Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa komunitas mikrobial di dalam lambung ternyata sangat beragam jenisnya, sebanding dengan
mikroorganisme yang bisa ditemukan di permukan perairan atau daratan Bumi. Sementara yang dipermukaan kulit juga beragam macam jenisnya…

Studi terbaru ini juga, seperti yang sudah diterbitkan dalam jurnal Science yang dikutip LiveSciense, Rabu lalu, menemukan bahwa tubuh manusia menjadi daya tarik terbesar bagi kompisisi bermukimnya komunitas mikrobial pada setiap bagian kulit tertentu… dalam jumlah yang luar biasa banyak!

Sejumlah tempat di kulit kita, seperti jari atau lipatan kaki, selalu menjadi lokasi berlabuh favorit bagi sejumlah besar jenis mikroba dibandingkan saluran cerna atau mulut.

Sejauh ini, bagian manakah di tubuh kita yang paling disukai bangsa mikroba? Ternyata tempat hang out paling favorit bagi makhluk-makhluk ini adalah bagian tangan, lengan, dan kaki… lokasi yang paling banyak ragam mikrobanya. Maka anjuran “cuci tangan dengan sabun antiseptik sebelum makan” adalah sangat beralasan! * (berbagai sumber)

 

Link:
http://www.medantalk.com/ihhh-jutaan-makhluk-merayap-di-kulit-kita/


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: