Wah, Ada Air di Bulan!

1 12 2009

moon-bomb-diag-2-0908Ada air yang membeku di bulan. NASA melaporkan itu pada Jumat (13/11), sebagai satu lompatan besar dalam eksplorasi ruang angkasa dan semakin menguatkan harapan untuk membangun pangkalan permanen di bulan.

Temuan itu membuka babak baru pada pemahaman akan bulan, tulis NASA dalam statementnya yang dilansir dari berita AFP di Yahoonews.

Data tentang air tersebut didapat setelah NASA mengirimkan dua wahana luar angkasa ke bulan pada bulan lalu. Satu roket dijatuhkan di rekahan cabeus dekat kutub selatan bulan dengan putaran 9 ribu km perjam. Hujamannya ke daratan bulan menyemburkan sejumlah besar material dari dasar rekahan yang tak tertimpa inar matahari selama miliaran tahun.

Empat menit kemudian roket tersebut disusul oleh satu wahana luar angkasa yang dilengkapi kamera untuk merekam impak hantaman tersebut.

Anthony Colaprete sebagai ilmuwan proyek dan investigator prinsipil untuk misi LCROSS senilai USD 79 juta itu menyebutkan bahwa bukti-bukti memperlihatkan air pernah berada di sana. NAmun konsentrasi dan distribusi air itu serta substansi lain yang ad di sana sedang dalam analisis lanjutan… namun bisa dikatakan memang Cabeos pernah berisi air.

Para ahli yakin bulan memang kering, namun kemungkinan adanya es di dasar rekahan bulan adalah pengecualian. Dan temuan jejak air di sana akan mendoroing eksplorasi luar angkasa lebih intens. Berarti misteri bulan mulai terkuak!Ambisi NASA adalah mendaratkan astronot di bulan pada 2020 untuk memulai pembuatan basis bulan untuk eksplorasi ke Mars.* (foto: greatdreams.com)

LINK:
http://www.medantalk.com/wah-ada-air-di-bulan/


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: