Membongkar Rahasia Umur Panjang

3 12 2009

telomeraseAkhirnya, ilmuwan berhasil menemukan satu kunci rahasia menuju hidup awet muda! Penemuan ini akan membimbing sains untuk menciptakan obat anti penuaan!

Penelitian ini melibatkan apa yang dikenal sebagai telomeres, yaitu bagian akhir kromoson. Telomeres memang sudah diketahui punya peran penting dalam proses penuaan seiring usia. Telomeres adalah bagian dari DNA khusus yang membungkus kromosom, yang memberitahukan sel apa yang harus mereka lakukan. Sepanjang waktu sel akan membelah dan membelah terus untuk menjaga tubuh agar tetap hidup.

Namun pada setiap proses pembelahan sel, telomeres akan semakin pendek. Kala ia menjadi sangat pendek, sel akan berhenti membelah diri dan akan menuju satu tahap yang disebut cell senescence. Jaringan penting tak lagi diproduksi banyak dan organ mulai melakukan kesalahan fungsi.

Sejak hal ini diketahui, ilmuwan pun mulai terfokus untuk meneliti zat anti-penuaan selama bertahun-tahun. Studi terbaru ini, difokuskan pada kaum Jahudi Ashkenazi, yang diketahui sebagai kaum centenarian (orang yang mencapai atau lebih dari 100 tahun), yang punya kecenderungan
hiperaktifnya enzim telomerase yang membangun telomeres mereka. Orang-orang yang dikenal berusia panjang di dunia. * (berbagai sumber/foto: int)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: