Fauna

Evin Bakara

Masih terbayang pertemuan pertama dengannya saat usiaku masih empat tahun. Ia terbang melayang di tepian hutan Muara Uya, Kalimantan Selatan, dekat kebun milik kakek. Burung itu terbang rendah mengeluarkan suara parau dan kepakan sayap yang terdengar ke telinga mungilku.

hornbillDua puluh tahun kemudian, pertemuan itu ternyata kembali terulang di tempat lain. Kepakan sayap dan suara parau membimbing mata untuk menatapnya ke atas langit. Pertemuan itu terjadi beberapa kali di hutan pedalaman Sumatera wilayah Sibolangit, Langkat, dan Bukum. Saat aku masih suka mengangkat ransel ke kawasan hutan tropis yang jarang diinjak orang. Lanjut Baca »

Evin Bakara

tasmanian devil Kala malam menyarungi hutan pedalaman Pulau Tasmania di ujung Tenggara daratan Australia, lengkingan menyeramkan itu pun terdengar. Suaranya keras memecah malam. Mengisi relung-relung kegelapan, menimbulkan kesan seram yang mencekam. Hanya sesekali, tetapi cukup meremangkan bulu kuduk. Jeritan itu berasal dari mulut setan!

Sebelum mahluk ini dikenal luas, orang seringkali merasa kaget dan ngeri mendengar lengkingan di malam hari di Pulau Tasmania. Suara yang menakutkan itu selalu mengisi malam, ketika matahari sudah terbenam. Hutan di malam hari seolah bangkit dari tidur dan ingin menerkam mangsa. Lalu tahyul tentang hantu, setan dan iblis melekat erat padanya.tasmian devil anakan

Mahluk yang sering berkelebat di pekatnya malam ini pun diberi nama Setan Tasmania (Tasmanian Devil). Sejak seorang naturalis bernama George Harris menulis dan mempublikasikan deskripsi tentangnya pada 1807 untuk pertama kali, komunitas peneliti dan petualang ingin mengungkap lebih jauh tentang keberadaannya. Mahluk apakah yang bersuara menakutkan itu? Lanjut Baca »

Evin Bakara

Flying squirrel (tupai terbang) punya kemampuan unik yang istimewa. Ia adalah satu-satunya jenis tupai yang bisa melayang di udara. Keistimewaan ini didukung perangkat “glider” berupa lapisan kulit di sisi kiri dan kanannya yang menghubungkan kaki depan dan belakangnya. Saat si tupai meregangkan keempat kakinya, lapisan kulit ini pun terkembang bagai sayap parasut, yang membuatnya mampu melayang di udara.

flying squirrelTupai terbang begitulah ia disebut, selalu menggunakan keistimewaan ini sepanjang hidupnya. Digunakan untuk berpindah tempat dari satu pohon ke pohon yang lain. Lalu ekornya yang cenderung lepes menjadi kendali prima arah penerbangannya. Gaya terbang khasnya bukanlah lurus segaris tapi membuat gerakan nyaris melengkung. Polanya, setelah melompat dari satu pohon ia membuat satu “tukikan” lalu melayang lurus, barulah membuat gerakan naik dan hup… mendarat di sasaran dengan menancapkan “roda pendarat” berupa cakar kuat yang tajam di keempat kakinya! Lanjut Baca »

Evin bakara| Global

 

Tak sedikit orang yang pernah menyantap menu dara goreng saus mentega, merpati goreng kering, atau merpati panggang bumbu pedas. Tak jarang pula ia dirawat sebagai peliharaan, diadu dalam kontes kecepatan terbang, dan digunakan sebagai pengatar pesan. Dari meja makan hingga panasnya pertempuran, burung ini punya sejuta kisah.

white doveJauh sebelum Masehi, antara tahun 3100 – 2600 SM, merpati diketahui sebagai salah satu hewan domestikasi yang tertua. Dijinakkan orang-orang Mesir kuno dari alam liar sebagai ternak peliharaan untuk pemanfaatan dagingnya yang empuk dan lezat. Sementara dalam periode kejayaan Romawi kuno 2000-an tahun lalu, selain sebagai penyedia makanan merpati peliharaan ini digunakan untuk pertama kali sebagai pengirim pesan. Lanjut Baca »

Harimau Asia adalah spesis terbesar dari 37 spesis kucing yang ada. Panthera tigris dapat ditemui di pedalaman timur jauh Rusia, China, Indochina, subkontinen India, dan di Indonesia (Sumatera). Harimau senang hidup di kawasan hutan tropis (tropical forest), rawa-rawa mangrove, dan rerumputan tinggi.Harimau Sumatra

Harimau adalah hewan soliter (menyendiri) kecuali betina yang sedang mengasuh anak-anaknya. Masa merawat anak ini sekitar dua tahun dalam satu periode. Teritorial harimau mencapai 30 mil persegi atau bisa melebihi angka itu dalam keadaan tertentu. Harimau jantan cenderung hidup sendiri dan menolak kehadiran jantan lainnya. Pada kenyataannya, seekor harimau jantan bisa menjadi ancaman terhadap anak-anak harimau betina. Lanjut Baca »

beruang kutubKala musim dingin tiba, beberapa spesies tiba-tiba “menghilang”. Bersembunyi dalam tempat perlindungan yang hangat. Mereka tampak seakan mati, nyaris tidak bergerak sama sekali. Ini adalah fase yang dikenal dalam kerajaan hewan sebagai hibernasi. Hibernasi kurang lebih berarti tidur yang teramat nyenyak (deep sleep). Namun berbeda dengan makna tidur pada manusia. Maksudnya suatu periode “tidur” yang ditandai dengan menurunnya kinerja metabolisme dan temperatur tubuh. Lanjut Baca »

HUtan Hujan TropisHutan. Yang terlintas dalam pikiran adalah deretan acak pepohonan, gelap hijau dedaunan, coklat busuk hitam humus, serangga, tetumbuhan dan aneka satwa. Tetapi hutan bukan lah sesederhana itu.

 

Hutan tropis misalnya. Luasan hutan tropis Indonesia adalah hutan ketiga terluas dunia setelah Brasil dan Republik Demokrasi Kongo. Hutan tropis ini adalah rumah dan persembunyian terakhir bagi kekayaan hayati dunia yang unik.

Sekitar 40% hutan tropis dunia ada di Indonesia, berarti luasnya 98 juta hektare (estimasi luas hutan tahun 2000). Data yang tercantum dalam dalam buku Potret Keadaan Hutan Indonesia, FWI/GFW 2001, Bogor, Indonesia, keragaman hayati yang ada di hutan-hutan Indonesia meliputi 11% spesies tumbuhan dunia, 10% spesies mamalia, dan 16% spesies burung. Sekitar 17.000 pulau Indonesia memiliki tujuh kawasan biogeografi utama dan keanekaragaman tipe-tipe habitat yang luar biasa. Lanjut Baca »

Peluru dari Alam Liar

J

auh di pedalaman hutan Amazon, Amerika Selatan, merebak kisah tentang pasukan penyengat yang ditakuti di dunia serangga. Raksasa di kelas semut ini tampil sangar dengan corak warna merah kehitaman. Ia adalah semut paling beracun di pedalaman hutan tropis dunia.

semut peluruSemut peluru adalah sebutan baginya. nama ini muncul karena sengatannya yang sangat kuat dan meninggalkan racun menyakitkan. Rasa sakit bagiakan terkena tembakan peluru.
Rasa sakit yang dibarengi rasa terbakar dan perih itu bisa berlangsung selama 24 jam.

Klasifikasi ilmiah menggolongkannya dalam keluarga Formicidae, genus Paraponera, dan spesiesnya Paraponera clavata (bullet ant). Ia tersebar di sepanjang hutan pantai Atlantik, mulai dari hutan hujan dataran rendah Nikaragua sampai pedalaman hutan Amazon.

Lanjut Baca »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: