Outdoor

Deretan perbukitan memagari lembah itu. Air danau yang hijau kebiruan terhampar di satu sisinya. Dua benteng alam itu menjaga kehidupan masyarakatnya sejak ratusan tahun yang lalu. Sepotong keindahan di tanah Batak yang dikenal sebagai Bakara.

bakara viewBakara adalah bentangan lembah datar seluas ratusan hektare. Sebuah kampung yang penuh pesona dengan wisata alam dan budaya yang tersohor hingga ke negeri lain. Wilayah administratifnya di Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Lembah yang berjarak belasan kilometer dari Dolok Sanggul itu terdiri dari beberapa desa dan dusun. Dibelah oleh dua aliran sungai besar yang berair deras. Sungai terbesar yang dominan adalah Aek Silang yang bersumber dari air terjun yang tercurah dari bentangan perbukitan. Sungai kedua yang lebih kecil bernama Aek Simangira. Keduanya mengaliri beberapa desa dan bermuara di Danau Toba. Lanjut Baca »

Eksotisme Pulau Berhala

sunset di berhalaLewat tengah malam, kapal kami angkat sauh dari dermaga resto Marina. Di depan haluan laut tampak pekat dipayungi malam. Lampu-lampu di daratan semakin mengecil, saat kapal mulai melaju dengan kecepatan 12 knot.

Tujuan kami adalah Pulau Berhala, sebuah pulau terluar Indonesia di Selat Malaka. Menurut juru mudi kapal, dengan kecepatan 12 knot kami akan menempuh jarak 46 mil selama 4 jam. Ia menyarankan kami untuk beristirahat selama perjalanan itu. Lanjut Baca »

Jurus Rahasia Jungle Trekking

Evin Bakara

nge-trek Salah satu kegiatan alam bebas yang berkaitan dengan ekowisata adalah jelajah hutan (jungle trekking). Namun jungle trekking di sini lebih ditekankan pada kegiatan yang berbau petualangan ke kawasan yang tidak umum dikunjungi.

Menjelajah hutan berarti memasuki suatu kawasan yang bukan teritori dominan manusia. Artinya kita memasuki daerah yang tidak biasa kita tinggali. Hutan sebagai teritori liar bagi banyak mahluk hidup lain (flora dan fauna), tidak boleh diperlakukan sembarangan. Lanjut Baca »

Hobi yang Mendarah Daging

evin bakara

“Karena saya senang melakukannya,” jawaban singkat itu diucapkan Joni Kurniawan, hobiis arung jeram dan outdoor activity ini kepada Global, saat ditanyamengapa ia menggeluti arung jeram.

rapid plusJoni Kurniawan bukan nama asing dalam perkembangan arung jeram di Sumut. Sejak mahasiswa ia aktif dalam kegiatan alam bebas dan lingkungan hidup. Pernah menjabat sebagai ketua umum KOMPAS USU dan staf ketua di senat mahasiswa USU dan BADKO HMI Sumut.

Ayah satu anak ini merupakan salah seorang pemrakarsa berdirinya Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) di Sumatera Utara dan menjabat sebagai Ketua Umum yang pertama pada periode 1997-2001. Lanjut Baca »

Bermain di Derasnya Sungai

Evin bakara

Sungai yang bergemuruh, meliuk dan menderas merupakan “surga” para penggemar arung jeram. Dihentakan aliran deras yang menurun ini mereka justru menikmati sensasinya.

“Yang paling asyik waktu melewati jeram dan berteriak sekuatnya!” papar Joni Kurniawan, penggiat arung jeram dan pemrakarsa Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) di Sumut.Terlambung jeram

Berperahu diderasnya sungai memang terdengar “gila”. Tetapi bagi para penggemar arung jeram ini adalah tantangan yang mengasyikkan. Wahana yang digunakan hanya perahu karet, dayung, dan peralatan keselamatan diri (helm, life jacket). Tentu saja harus didukung pengetahuan dan keterampilan arung jeram. Lalu selama sekian jam mereka akan bermain diliarnya sungai. Lanjut Baca »

Berburu di Perairan

evin bakara

Sasarannya berada di bawah permukaan air. Kadang terlihat jelas, terkadang hanya siluet atau tidak terlihat sama sekali. Tapi itulah tantangan bagi mereka, para pemburu ikan.

marlin strike Berburu memang bukan hanya di daratan, tetapi bisa juga di air. Bagi para pemancing, air adalah medan petualangan mereka. Laut, danau, sungai atau kolam, masing-masing punya tantangan yang berbeda. Selain jenis ikan yang diburu beragam, teknik dan suasana lingkungannya juga beda.

“Memancing itu adalah seni!” kata A Zen (Eddy Tukimin), pemilik toko Rezeki Pancing Jalan Merbabu 21 B-C Medan, yang juga “penggila” mancing. Lanjut Baca »

Mengenal Rock Climbing

© Evin H Bakara

Climbing Bagai seekor cicak, mereka menempel di gugusan cadas yang menjulang. Bulir-bulir peluh mengalir di otot-otot yang liat. Tangannya lincah merengkuh rekahan dan tonjolan bebatuan. Sabar, teliti, dan hati-hati, senti demi senti merayapi tebing hingga berakhir di puncak. Lalu bias kepuasan terbersit dari wajah mereka, para perayap cadas!

Panjat tebing (rock climbing) adalah satu dari sekian banyak alternatif kegiatan alam bebas. Berbeda dengan kegiatan petualangan alam lainnya, rock climbing dilakukan pada medan jelajah yang relatif ringkas. Wahana tebing alam atau gugusan cadas adalah medan petualangannya. Kemampuan si pemanjat (climber) untuk merayapi tebing-tebing ini bukan hanya tergantung pada daya tahan fisik dan keterampilannya, melainkan harus dipadukan dengan strategi dan teknik yang tepat. Lanjut Baca »

Juned Iskandar: Otot, Otak, dan Nasib!

Evin H Bakara

Otot, otak, dan nasib. Tiga hal itu yang diucapkan Juned Iskandar untuk menggambarkan seni merayap di tebing-tebing alam. Selaku seorang “penggila” rock climbing (panjat tebing), ia sudah merasa betapa otot yang terlatih, otak yang harus berpikir cepat dan sekian persen nasib sangat berpengaruh pada keberhasilan sebuah pemanjatan tebing.

Enam belas tahun yang lalu, Juned mengawali hobi bertualangnya. Saat ia masih duduk di kelas satu SMA Methodist 1 Medan. Anak ketiga dari lima bersaudara ini mendaftarkan diri mengikuti Diksar Gabungan Pencinta Alam (Gapala) di sekolahnya. “Aktifitas alam bebas itu seru, menantang dan penuh petualangan!” papar lelaki kelahiran 17 Juni 1974 ini. Lanjut Baca »

2 responses

7 05 2009
alfan raykhan pane

hallo abangda pue haba (A.034.VII.TP)

14 05 2009
tigerbear

Haba baik Fan… apa cerita Nanggroe Aceh? Wah, lama tak bersua ya… Salam Rimba!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: